Post Terbaru

6/recent/ticker-posts

Intro

Halo, Saya Iqbal Mubarok, Selamat datang !

RINGKASAN BUKU MENGENAL DAN MEWASPADAI PENYIMPANGAN SYIAH DIINDONESIA PART 6



PERGERAKAN SYIAH DIINDONESIA DAN PENYEBARANNYA


Memahami pergerakan syiah diindonesia tidak terpisah dari dinamika perkembangan syiah diseluruh dunia, tujuan tertinggi syiah adalah menerapkan seluruh ajaran syiah secara komprehensif melalui kekuasaan politik.
1.      POTENSI KONFLIK SYIAH DAN SUNNI DIINDONESIA
      Mencermati konflik syiah dan sunni diindonesia dpat dilakukan dengan mencoba memahami momentum relasi keduanya, berikut beberapa catatan momentum konflik kedua kelompok secara kronologis:
§  Pembakaran ponpes Al-hadi, desa brokoh, wonotunggal, kab. Batang jawa tengah 14 april 2000, akibatnya 3 rumah hancur, 1 mobil rusak, 1 gudang bangunan dibakar massa, ini terjadi karena pihak ponpes tidak mengindahkan surat larangan kajari batang tertanggal 3 april 2000
§  Demo anti syi`ah dijawa timur, 24 desember 2006 yang menghancurkan 3 rumah, 1 musholla, 1 mobil milik ketua IJABI setempat.
§  Pembubaran aswaja terhadap syiah yang akan menggelar peringatan maulid nabi didesa karang gayam, kec. Omben kab. Sampang-madura 9 april 2007.
§  Pada 29 desember 2011, kelompok sunni sampang hilang kesabaran dan membakar beberapa fasilitas rumah dan mushalla pemimpin syiah tajul muluk didesa krang gayam, omben, sampang-madura, Dll...
Konflik yang terjadi meskipun tidak mengemuka dan berskala nasional perlu didalami penyebab terjadinya konflik, dan apa solusi yang harus diambil.
2.      PERKEMBANGAN KELOMPOK SYIAH DIINDONESIA DAN METODE PENYEBARANNYA
      Ditinjau dari perjalanan sejarah, komunitas syiah diindonesia dapat dibagi dalam 3 generasi utama:
Ø  Sebelum meletus revolusi iran ditahun 1979, mereka hanya menyimpan keyakinan mereka itu untuk kalngan sendiri dan belum memiliki semangat untuk menyebarkan ajaran mereka
Ø  Kalngan intelektual, mereka tertarik pada syiah sebagai alternatif pemikiran islam, kebanyakan mahasiswa dan akademisi perguruan tinggi, dari segi mobilitas mereka punya akses hubungan islam luar negeri, dari segi ideologis, mereka cenderung radikal dan lebih mirip kelompok neo marxian
Ø  Kelompok ini mulai mempelajari fiqih syiah, terutama oleh lulusan Qom di Iran, mereka cenderung berkonflik dengan kelompok lain, dan memiliki semangat misionaris yang tinggi.
3.      LIMA POROS PENYEBARAN SYIAH DIINDONESIA
      Meski kelompok syiah sudah lama ada diindonesia, namun kajian intelektual kelompok syia mulai marak pasca revolusi Iran 1979, secara umum dapat dikatakan bahwa poros kegiatan komunitas syiah diindonesia terkonsentrasi di pulau jawa, berikut lima poros kegiatan syiah dipulau jawa:
A.    Poros jakarta di islamic cultural centre (ICC)
     Pada pertengahan tahun 2008, terdapat sekitar 20-an lembaga dan yayasan syiah yang aktif diwilayah jabodetabek, namun dijakarta terdapat lembaga bernama islamic cultural centre (ICC) yang dikendalikan atase kebudayaan kedubes Iran dijakrta, awalnya islamic cultural centre (ICC) didirikan dengan nama islamic centre jakarta (ICJ), namun perlahan berubah menjadi ICC karena mulai memperkenalkan kebudayaan Iran seperti kursus bahasa persia gratis.
Islamic cultural centre (ICC) berkantor pusat di jl. Buncit Raya kav. 35 pejaten barat, jakarta selatan 12510 PO.box 7335 JKSPM 12073, telpon: 021-7996767 fax: 021-7996777, Email: info@icc-jakrta.com dan alamat web: www.icc-jakarta.com dewan pendiri: Dr. Haidar bagir, Dr. Jalaluddin rahmat, umar sahab, MA, mohsen hakimullahi sebagai direktur dan husen alatas sebagai sekretaris,
ICC terbagi atas dua divisi:
*      Divisi pendidikan dan dakwah dengan Abdullah beik sebagai manager
*      Divisi penerbitan dan website ICC yang dipimpin oleh muhsin labib

Daftar lembaga syiah dijabodetabek:
·         Ikatan pemuda ahl bait indonesia (IPABI), bogor
·         Islamic cultural centre (ICC), jakarta
·         MPII condet, jakarta
·         Sekolah tinggi agama islam (STAI) madina, bogor
·         Yayasan al-ishlah, yayasan al-mahdi, yayasan al-muntazhar, yayasan as-sodiq. Dll (untuk lebih lengkapnya lihat buku rujukan)
B.     Poros pekalongan-semarang
      Dijawa tengah, terdapat dua poros kegiatan syiah, yakni disemarang dan dipekalongan, bahkan disemarang kaum syiah terang-terangan melakukan sholat jumat ala syiah dimushalla al-husainiyah yang dikelola oleh yayasan nurul tsaqalain pimpinan Ahmad alatas.
      Adapun dipekalongan, ponpes Al-hadi pimpinan Ahmad baraqbah adalah satu-satunya ponpes yang dikelola dengan sistem ala hawzah ilmiyah diQom, Iran, komunitas syiah pekalongan umumnya berdomisili ditiga kelurahan: klego, sugih waras, krapyak
      Ponpes al-hadi pekalongan didirikan pada tahun 1988 M terletak di jl. Agus salim, gang 5 no.4 Rt. 1/3 kelurahan klego-pekalongan. Santrinya pada juni 2008 hanya berjumlah 60-an orang, semua materi pelajaran adalah agama.
C.    Poros Yogyakarta
      Salah satu penggerak kegiatan syiah diyogyakarta adalah yayasan Rausyan Fikr, dibanding yayasan lainnya, yaysan inilah yang paling agresif dalam melakukan kegiatan, di yogyakarta juga terdapat organisasi bernama Al-amin yang beranggotakan kaum muda alawiyin.
Daftar lembaga syiah di jateng dan yogyakarta:
·         forum wasiat, tegal
·         yayasan al-khairat, demak
·         yayasan al-mawaddah, kendal
·         yayasan Al-wahdah solo, yayasan dar taqrib jepara, yayasan Al-mustafa pekalongan, yayasan safinatunnajah wonosobo Dll.
D.    Poros bangil dan pasuruan
      Bangil dan pasuruan adalah kunci penyebaran dan perkembangan syiah diindonesia yang sangat fundamental. Terutama dengan adanya ponpes yayasan pendidikan islam (YAPI) bangil, yang didirikan Husein bin Abu bakar al-habsyi pada 21 juni 1976.
      Selain itu dipasuruan juga terdapat yayasan Al-itrah yang didirikan Ali umar al-habsyi dan  sayyid Abdullah al-haddad pada tahun 1996, yayasan ini sempat mati suri sebelum bangkit lagi pada tahun 2006 dibawah pimpinan Ali ridho as-segaaf.
E.     Poros bandung
      Motor penggerak komunitas syiah dibandung dipelopori oleh jalaluddin rakhmat melalui organisasi ikatan jamaah ahl bait Indonesia (IJABI), dari semua lembaga syiah diindonesia IJABI merupakan yang paling agresif melebarkan sayapnya keseluruh Indonesia, bahkan kepengurusannya sampai pada tingkat kecamatan.
      Selain IJABI dibandung juga ada yayasan al-jawwad dan yayasan sepuluh muharram (YSM) serta yayasan muthahhari yang cukup aktif, selain itu juga ada beberapa organisasi dan lembaga syiah dijawa barat seperti yayasan al-baroah tasikmalaya, yayasan al-kazhim cirebon, yayasan as-sadiq bandung, yayasan as-salam majalengka Dll.
Berikut adalah lembaga dan organisasi syiah diluar pulau jawa:
·         Yayasan kumail Palembang, sumatera selatan
·         Madrasah nurul imam, selat sagawin irian
·         Majelis taklim Ali ridho alatas, Kalimantan timur
·         Yayasan al-hakim lampung
·         Yayasan ulul albab, aceh. Dll
Situs-situs website syiah diindonesia:
·         Islammuhammadi.com
·         Infosyiah.com
·         Majulah-ijabi.org
·         Ahlulbaitindonesia.com
·         Syi`ah.co. Dll
Radio/tv syiah diindonesia
·         IRIB (radio iran dengan siaran bahasa indonesia)
·         Hadi tv (tv parabola dengan pilihan siara bahasa indonesia)
·         Tv al-manar (bahasa arab), hizbullah-lebanon diakses mulai 2008 dan bekerja sama dengan INDOSAT
·         Myshiatv.com
·         Shiatv.net
Lembaga penerbitan syiah diindonesia
·         Penerbit MIZAN
·         Penerbit cv. Firdaus
·         Penerbit ULSA press
·         Penerbit citra
·         Pustaka hidayah Dll
Berikut adalah kelompok-kelompok yang mengemban ajaran syiah diindonesia:
·         Lembaga komunikasi ahlul bait Indonesia (LKAB) atau ABI
·         Ikatan jamaah ahlul bait Indonesia (IJABI)
·         Yayasan al-qurba ampenan-lombok
·         Yayasan pendidikan islam (YAPI), bangil
·         Islamic cultural centre (ICC) atau yayasan al-huda
·         Beberapa tokoh syiah juga sedang berkonsentrasi membentuk organisasi garda merah putih

Demikian, merupakan kewajiban kita semua sebagai masyarakat sunni untuk menjaga aqidah kita bersama-sama. Setiap pergerakan yang memicu konflik ideologis berpotensi menjadi ancaman bagi NKRI.

Posting Komentar

0 Komentar