PERGERAKAN SYIAH
DIINDONESIA DAN PENYEBARANNYA
Memahami pergerakan syiah diindonesia tidak terpisah dari
dinamika perkembangan syiah diseluruh dunia, tujuan tertinggi syiah adalah
menerapkan seluruh ajaran syiah secara komprehensif melalui kekuasaan politik.
1. POTENSI KONFLIK SYIAH DAN SUNNI DIINDONESIA
Mencermati konflik syiah dan sunni diindonesia dpat dilakukan dengan
mencoba memahami momentum relasi keduanya, berikut beberapa catatan momentum
konflik kedua kelompok secara kronologis:
§
Pembakaran ponpes Al-hadi, desa brokoh, wonotunggal, kab. Batang jawa
tengah 14 april 2000, akibatnya 3 rumah hancur, 1 mobil rusak, 1 gudang
bangunan dibakar massa, ini terjadi karena pihak ponpes tidak mengindahkan
surat larangan kajari batang tertanggal 3 april 2000
§
Demo anti syi`ah dijawa timur, 24 desember 2006 yang menghancurkan 3 rumah,
1 musholla, 1 mobil milik ketua IJABI setempat.
§
Pembubaran aswaja terhadap syiah yang akan menggelar peringatan maulid nabi
didesa karang gayam, kec. Omben kab. Sampang-madura 9 april 2007.
§
Pada 29 desember 2011, kelompok sunni sampang hilang kesabaran dan
membakar beberapa fasilitas rumah dan mushalla pemimpin syiah tajul muluk
didesa krang gayam, omben, sampang-madura, Dll...
Konflik yang terjadi meskipun tidak mengemuka
dan berskala nasional perlu didalami penyebab terjadinya konflik, dan apa
solusi yang harus diambil.
2. PERKEMBANGAN KELOMPOK SYIAH DIINDONESIA DAN
METODE PENYEBARANNYA
Ditinjau
dari perjalanan sejarah, komunitas syiah diindonesia dapat dibagi dalam 3
generasi utama:
Ø
Sebelum meletus revolusi iran ditahun 1979, mereka hanya menyimpan keyakinan mereka itu
untuk kalngan sendiri dan belum memiliki semangat untuk menyebarkan ajaran
mereka
Ø
Kalngan intelektual, mereka tertarik pada syiah sebagai alternatif
pemikiran islam, kebanyakan mahasiswa dan akademisi perguruan tinggi, dari segi
mobilitas mereka punya akses hubungan islam luar negeri, dari segi ideologis,
mereka cenderung radikal dan lebih mirip kelompok neo marxian
Ø
Kelompok ini mulai mempelajari fiqih syiah, terutama oleh lulusan Qom di Iran, mereka
cenderung berkonflik dengan kelompok lain, dan memiliki semangat misionaris
yang tinggi.
3. LIMA POROS PENYEBARAN SYIAH DIINDONESIA
Meski kelompok syiah sudah lama ada
diindonesia, namun kajian intelektual kelompok syia mulai marak pasca revolusi
Iran 1979, secara umum dapat dikatakan bahwa poros kegiatan komunitas syiah
diindonesia terkonsentrasi di pulau jawa, berikut lima poros kegiatan syiah
dipulau jawa:
A.
Poros jakarta di islamic cultural centre (ICC)
Pada
pertengahan tahun 2008, terdapat sekitar 20-an lembaga dan yayasan syiah yang
aktif diwilayah jabodetabek, namun dijakarta terdapat lembaga bernama islamic
cultural centre (ICC) yang dikendalikan atase kebudayaan kedubes Iran
dijakrta, awalnya islamic cultural centre (ICC) didirikan dengan nama islamic
centre jakarta (ICJ), namun perlahan berubah menjadi ICC karena mulai
memperkenalkan kebudayaan Iran seperti kursus bahasa persia gratis.
Islamic cultural centre (ICC) berkantor pusat
di jl. Buncit Raya kav. 35 pejaten barat, jakarta selatan 12510 PO.box 7335
JKSPM 12073, telpon: 021-7996767 fax: 021-7996777, Email: info@icc-jakrta.com dan alamat web: www.icc-jakarta.com dewan pendiri: Dr. Haidar bagir, Dr.
Jalaluddin rahmat, umar sahab, MA, mohsen hakimullahi sebagai direktur dan
husen alatas sebagai sekretaris,
ICC terbagi atas dua divisi:
Divisi pendidikan dan dakwah dengan Abdullah
beik sebagai manager
Divisi penerbitan dan website ICC yang dipimpin
oleh muhsin labib
Daftar lembaga syiah dijabodetabek:
·
Ikatan pemuda ahl bait indonesia (IPABI), bogor
·
Islamic cultural centre (ICC), jakarta
·
MPII condet, jakarta
·
Sekolah tinggi agama islam (STAI) madina, bogor
·
Yayasan al-ishlah, yayasan al-mahdi, yayasan
al-muntazhar, yayasan as-sodiq. Dll (untuk lebih lengkapnya lihat buku rujukan)
B. Poros pekalongan-semarang
Dijawa
tengah, terdapat dua poros kegiatan syiah, yakni disemarang dan dipekalongan,
bahkan disemarang kaum syiah terang-terangan melakukan sholat jumat ala syiah
dimushalla al-husainiyah yang dikelola oleh yayasan nurul tsaqalain pimpinan
Ahmad alatas.
Adapun dipekalongan, ponpes Al-hadi pimpinan Ahmad baraqbah adalah
satu-satunya ponpes yang dikelola dengan sistem ala hawzah ilmiyah diQom, Iran,
komunitas syiah pekalongan umumnya berdomisili ditiga kelurahan: klego, sugih
waras, krapyak
Ponpes al-hadi pekalongan didirikan pada tahun 1988 M terletak di jl.
Agus salim, gang 5 no.4 Rt. 1/3 kelurahan klego-pekalongan. Santrinya pada juni
2008 hanya berjumlah 60-an orang, semua materi pelajaran adalah agama.
C. Poros Yogyakarta
Salah
satu penggerak kegiatan syiah diyogyakarta adalah yayasan Rausyan Fikr,
dibanding yayasan lainnya, yaysan inilah yang paling agresif dalam melakukan
kegiatan, di yogyakarta juga terdapat organisasi bernama Al-amin yang
beranggotakan kaum muda alawiyin.
Daftar lembaga syiah di jateng dan yogyakarta:
·
forum wasiat, tegal
·
yayasan al-khairat, demak
·
yayasan al-mawaddah, kendal
·
yayasan Al-wahdah solo, yayasan dar taqrib jepara, yayasan
Al-mustafa pekalongan, yayasan safinatunnajah wonosobo Dll.
D. Poros bangil dan pasuruan
Bangil dan pasuruan adalah kunci penyebaran dan
perkembangan syiah diindonesia yang sangat fundamental. Terutama dengan adanya
ponpes yayasan pendidikan islam (YAPI) bangil, yang didirikan Husein bin Abu
bakar al-habsyi pada 21 juni 1976.
Selain itu dipasuruan juga terdapat
yayasan Al-itrah yang didirikan Ali umar al-habsyi dan sayyid Abdullah al-haddad pada tahun 1996,
yayasan ini sempat mati suri sebelum bangkit lagi pada tahun 2006 dibawah
pimpinan Ali ridho as-segaaf.
E.
Poros bandung
Motor penggerak
komunitas syiah dibandung dipelopori oleh jalaluddin rakhmat melalui organisasi
ikatan jamaah ahl bait Indonesia (IJABI), dari semua lembaga syiah diindonesia
IJABI merupakan yang paling agresif melebarkan sayapnya keseluruh Indonesia,
bahkan kepengurusannya sampai pada tingkat kecamatan.
Selain IJABI dibandung
juga ada yayasan al-jawwad dan yayasan sepuluh muharram (YSM) serta yayasan
muthahhari yang cukup aktif, selain itu juga ada beberapa organisasi dan
lembaga syiah dijawa barat seperti yayasan al-baroah tasikmalaya, yayasan
al-kazhim cirebon, yayasan as-sadiq bandung, yayasan as-salam majalengka Dll.
Berikut adalah lembaga dan organisasi syiah diluar pulau jawa:
·
Yayasan kumail
Palembang, sumatera selatan
·
Madrasah nurul
imam, selat sagawin irian
·
Majelis taklim
Ali ridho alatas, Kalimantan timur
·
Yayasan
al-hakim lampung
·
Yayasan ulul
albab, aceh. Dll
Situs-situs website syiah diindonesia:
·
Islammuhammadi.com
·
Infosyiah.com
·
Majulah-ijabi.org
·
Ahlulbaitindonesia.com
·
Syi`ah.co. Dll
Radio/tv syiah diindonesia
·
IRIB (radio
iran dengan siaran bahasa indonesia)
·
Hadi tv (tv
parabola dengan pilihan siara bahasa indonesia)
·
Tv al-manar
(bahasa arab), hizbullah-lebanon diakses mulai 2008 dan bekerja sama dengan
INDOSAT
·
Myshiatv.com
·
Shiatv.net
Lembaga penerbitan syiah diindonesia
·
Penerbit MIZAN
·
Penerbit cv.
Firdaus
·
Penerbit ULSA
press
·
Penerbit citra
·
Pustaka hidayah
Dll
Berikut adalah kelompok-kelompok yang mengemban ajaran syiah
diindonesia:
·
Lembaga
komunikasi ahlul bait Indonesia (LKAB) atau ABI
·
Ikatan jamaah
ahlul bait Indonesia (IJABI)
·
Yayasan
al-qurba ampenan-lombok
·
Yayasan
pendidikan islam (YAPI), bangil
·
Islamic
cultural centre (ICC) atau yayasan al-huda
·
Beberapa tokoh
syiah juga sedang berkonsentrasi membentuk organisasi garda merah putih
Demikian, merupakan kewajiban kita semua sebagai masyarakat sunni
untuk menjaga aqidah kita bersama-sama. Setiap pergerakan yang memicu konflik ideologis
berpotensi menjadi ancaman bagi NKRI.
0 Komentar